My First Cake

Yap...sesuai judulnya "My first Cake", artinya kue pertama saya. Ini adalah pengalaman pertama saya dalam dunia bakery, dari menakar bahan sampai memanggangnya.

Dimulai dari seringnya melihat acara Sugar with Anna Olsen, salah satu acara membuat kue di AFC yang dipandu oleh chef bakery ternama dari USA Anna Olsen. Kesannya membuat kue seakan sangat mudah dan tidaklah serumit yang kita pikirkan selama ini. Apalagi yang namanya bikin kue sudah ada takarannya yang tepat, selebihnya ikuti saja petunjuknya. Macam pelajaran matematika, cukup kita hafalkan rumusnya lalu diterapkan setelah itu dapatlah hasilnya.

Akhirnya penasaran ku pun terusik dan memutuskan untuk coba membuat kue. Saya pilih yang tidak terlalu banyak bahan bakunya dan mudah cara membuatnya. Maka jatuhlah pilihan kepada Chifon Cake atau Kue Bolu yang lebih kita kenal.

Hari sabtu pun tiba, pagi - pagi setelah semua pekerjaan rumah selesai dan niat serta semangat mencoba hal baru dalam duniaku. Dimulailah pencarian resep di internet. Inilah enaknya hidup dijaman modern dengan teknologi canggih, cukup masukan kata kunci di Om Google maka munculah pencarianmu tanpa perlu anda repot ke toko buku, tanya tetangga kiri kanan ataupun ke toko buku loak cari buku resep dsbnya........

Bahannya:

7 butir kuning telur
3 butir putih telur
150 gr gula halus (mau manis tambah lagi 30 - 50 gr)
35 gr tepung maizena +100 gr tepung terigu = campur & diayak
75 gr mentega (dilelehkan)

setelah bahannya kudapati semua dan membaca petunjuk cara membuatnya. Saya mulai menunju ke pasar tradisional untuk membeli semua bahan kue bolu tersebut lalu pulang dan melanjutkan misi berikutnya.

Hal pertama yang saya lakukan dalam membuat kue adalah mulai menakarnya dan menyiapkan semua bahan dalam wadah individu. setelah semua nya sudah saya siapkan dimulailah cara membuatnya:

1. Kuning telur + putih telur + gula = dikocok hingga mengembang.
2. setelah mengembang, matikan mixernya. Masukkan tepung yang sudah diayak lalu campur dengan adonan telur lalu diaduk sampai rata.
3. tahap paling akhir, masukkan mentega cair dan aduk pelan - pelan sampai tercampur dengan adonan.

Setelah semua bahan sudah masuk dan tercampur rata, dengan kondisi adonan yang kental. Lekas tuangkan adonan ke dalam loyang bulat ukuran 20 cm. 

Perhatikan adonannya, yang paling bagus adalah berbentuk macam pita yang mengalir alias tidak terlalu cair, jika adonan cair siap siap aja kue akan bantet alias tidak mengembang.

Adonan sudah siap dalam loyang, masukan ke oven saat itu juga, panggang dalam suhu 150 derajat selsius selama 20 menit.

Nah untuk teknik memanggang ini janganlah teralalu patent ikut resep. Karena setiap oven mempunyai ciri khas panas yang berbeda. Lain merk lain suhu panasnya.

Kebetulan karena ini pertama saya buat kue dan tidak punya oven celcius, maka saya gunakan oven seng yang mirip box, dimana penghantar panasnya dialirkan melalui listrik.

Cukup mudah kok sebagai pemula dalam menggunakan oven seperti ini, kue pun akan terlihat dari kaca penutup box nya. Pertama saya panggang kue dengan api bawah, saya biarkan sampai kue mengembang dan permukaan kue mulai terlihat kuning keemasan, lalu saya pindahkan kabel ke atas untuk pakai api atas sehingga pemanggangan untuk kulit kue merata.

Woalah.....akhirnya jadi juga dan berhasil kue bolu pertamaku dari hasil penasaran. Ternyata memang mudah yach bikin kue.

Kue sudah berhasil dengan baik, tapi ada yang kurang. Bagaimana kalo saya sekalian belajar menghiasnya dengan sisa bahan yang masih saya miliki yaitu whipping cream dan buah ceri. Ini juga merupakan dekorasi pertama saya....
Akhirnya.....selesai sudah baik kue maupun hiasannya. Tak lupa saya foto dan abadikan di buku resepku. Setelah itu saya potong dan bagikan kepada teman - teman yang menjadi taster saya dan hasilnya cukup memuaskan. Karena penggunaan kuning telur yang banyak sehingga menghasilkan tekstur kue yang lembut.

Oooohhh......senangnya kue pertamaku ternyata berhasilllll........
Walaupun penampilan tak indah, tetapi rasanya sangat lembut di mulut dan kerongkongan......












  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar